Lihat video musik di youtube, pingin ikut nyanyi tapi ga bisa main musik? Susah cari musik instrumentalnya? Gampang. Pisahin aja file musik kamu antara vocal dan musiknya. Atau sebaliknya, kamu bisa main musik, tapi malu untuk bernyanyi. Pakai aja vocal orang lain. Begini nih caranya.

Untuk memisahkan vocal dengan musik dalam sebuah lagu, kita bisa menggunakan sebuah situs VocalRemover.org. Caranya sangat gampang, tinggal upload mp3 file musik kita yang mengandung vocal, dan situs tersebut akan otomatis memisahkan antara vocal dan instrumen. Kita bisa mendownload vocalnya saja, atau download musiknya saja, atau bahkan keduanya dalam file yang terpisah.

Sebagai contoh, ini ada file mp3 sebuah lagu cover dari Fourtwnty – Fana Merah Jambu versi akustik dari kanal Youtube LetsJamWithJames.

Fana Merah Jambu Fourtwnty Akustik Idgitaf ft Fivein LetsJamWithJames

Setelah diupload ke vocalremover.org, musik akan dipisahkan dengan vocal.

Fana Merah Jambu Fourtwnty Akustik Karaoke/Instrumental/Minus One
Fana Merah Jambu Fourtwnty Akustik Vocal Only

Mudah sekali kan? Situs ini menawarkan berbagai fitur keren untuk audio, kita bahas di lain tulisan ya. Oiya jika ingin berterima kasih, karena situs ini gratis, kita bisa memberi apresiasi via tombol Donate di kanan bawah situs tersebut.

Jangan lupa tetap menghargai semua hak cipta lagu ya. Gunakan cara ini untuk belajar dan berkreasi tanpa melanggar etika digital ya.

Jika ada pertanyaan, yuk tebarkan kata-kata di kolom komentar.