Selama ini pengaduan terkait data sertifikat vaksin diterima melalui email dan call center pedulilindungi. Namun ternyata animo masyarakat cukup besar. Jumlah aduan bisa mencapai 130 ribu email dan lebih dari 80 ribu panggilan setiap minggunya. Nah demi membantu peningkatan layanan, tim IT Kemkes mengeluarkan layanan chatbot via Whatsapp. Apa saja fiturnya? Bagaimana cara menggunakannya?

Seperti kita ketahui bersama, Whatsapp merupakan salah satu aplikasi wajib di smartphone kita. Hampir semua memiliki Whatsapp. Maka dari itu, diluncurkan fitur chat dengan Official Kemkes sehubungan dengan sertifikat vaksin pedulilindungi.

Untuk bisa chat dengan Kemkes, kita bisa menyimpan nomor Official Whatsapp Kemkes RI yaitu 081110500567. Atau klik saja tombol di bawah ini.

Untuk memulai percakapan, silahkan kirim pesan Hai ke nomor di atas. Setelah itu tunggu balasan berupa tombol pilihan menu fitur yang tersedia. Untuk pertama kali, kita akan diminta mengirimkan nomor handphone yang trerdaftar di pedulilindungi.id. Kemudian memasukkan OTP yang dikirim via SMS. Ikuti saja petunjuk-petunjuk selanjutnya.

Beberapa fitur layanan yang dapat diakses sementara ini adalah download sertifikat vaksin COVID-19, melihat status vaksin, dan ubah info data diri. Semoga ke depannya dapat ditambahkan fitur-fitur lainnya.

Saat tulisan ini ditulis, saya masih mencoba-coba fitur di atas. Namun ditemukan kendala, respon balasan cukup lambat, padahal yang balas pun adalah bot. Semoga tim IT Kemkes bisa mengoptimasinya. Jika respon belum sesuai yang diharapkan, kita tetap bisa mengontak Pedulilindungi via email [email protected] atau call center 119 exit 9.

Semoga membantu.