Cara mudah download video Youtube

NANDAABIZ.com – Jaman kekinian semua serba internet. Dari tua hingga yang masih balita sudah kenal dengan Youtube. Media berbagi video milik Google ini memang sudah mendarah daging dalam gaya hidup sekarang. Tidak hanya orang IT, namun juga masyarakat awam setidaknya pernah menonton video di Youtube.

Sayangnya, koneksi internet di Indonesia masih belum cukup memadai untuk streaming online. Jika kecepatannya saat ini sudah bisa dibilang ‘cukup’ kencang dengan meluasnya jaringan 4G, namun batasan kuota tentu saja perlu diperhitungkan. Jangan sampai kuota habis hanya untuk hal yang kurang produktif.

Salah satu cara mengakali kuota internet tersebut, download saja videonya, simpan di PC atau smartphone Anda. Lah bagaimana cara download video dari Youtube? Youtube memang tidak menyediakan fitur download. Sebenarnya banyak cara untuk mendownload video dari Youtube, baik menggunakan aplikasi maupun situs lain. Namun sebelum lanjut ke tips dan triknya, baca dulu ketentuan legalitas dari Youtube, cara ini hanya dianjurkan untuk keperluan backup pribadi. Sesuai policy dari Youtube, tidak diperkenankan mengupload ulang atau menyebarkan materi yang sudah didownload. Jadi jika Anda mempunyai masalah kuota, hanya bisa internetan saat ada wifi, atau ingin menunjukkan sebuah video pada orang tua yang ada di tempat terpencil tanpa koneksi internet, berikut cara paling mudah mendownload video dari Youtube.

  1. Buka video yang ingin ditonton.
  2. Tambahkan kata “conv” di depan url youtube.com. Jadi misalkan link videonya https://www.youtube.com/watch?v=H6FkRAz2vAk maka ubah menjadi https://www.convyoutube.com/watch?v=H6FkRAz2vAk
  3. Tunggu sejenak, akan keluar 3 buah tombol untuk memilih akan mendownload sebagai audio MP3 atau gambar animasi GIF atau audio video MP4. Pilih salah satu, tunggu proses.
  4. Setelah proses selesai akan keluar teks “Your download is ready. Click here to start downloading”. Klik di link “Click here” kemudian pilih lokasi dimana video hendak disimpan.
  5. Selesai. Atau lebih jelasnya lihat pada animasi berikut.
cara-download-video-dari-youtube-conv
Tutorial mendownload audio/video dari youtube

Sekali lagi saya mengingatkan cara ini boleh digunakan untuk keperluan pribadi, bukan untuk didistribusikan ulang.

Nanda Widyatama

Seorang web developer. Gemar diajak kuliner. Suka fotografi. Sering ngedit sana ngedit sini. Suami yang siaga.