Kasus Zaskia Gotik menghina lambang negara Indonesia

Dunia media sosial maya kembali gempar. Zaskia Gotik yang menjadi pemeran utamanya. Pemilik ‘Goyang Itik’ ini diberitakan menghina lambang negara dalam acara wawancara di salah satu televisi swasta. Akibatnya, dia mengaku tidak bisa tidur semalaman. Kabarnya hujatan oleh netizen melalui media sosial membuat mantan kekasih Vicky Prasetyo ini menangis.

“Saya nangis karena banyaknya hujatan dan sebagainya. Tapi ya ini resiko, apa yang diperbuat harus dipertanggungjawabkan. ” kata Zaskia Gothik seperti dikutip Oke Zone, hari Rabu (16/3/2016).

Zaskia mengaku tidak ada niat darinya untuk menghina lambang negara. Apalagi dia lahir dan besar di Indonesia. Namun apa sebenarnya yang dikatakan Zaskia Gotik sehingga dianggap telah menghina lambang negara kita?

Kala itu Zaskia Gotik yang hadir bersama Ayu Ting Ting dan Julia Perez, diwawancara oleh Denny Cagur. Dalam adegan permainan kuis, Zaskia Gotik ditanya “Kapan Proklamsi Indonesia di kumandangkan?” Zaskia menulis “Sesudah Azan Subuh“. Jawaban Zaskia Gotik berikut ini mulai terasa ngawur dan seenaknya. “Tanggal berapa proklamasi Indonesia?” Dijawab Zaskia “32 Agustus“. Disini Zaskia mulai menjadi bulan-bulanan Netizen karena anak kecil pun tahu tanggal 17 Agustus. Lagipula tidak ada tanggal 32 dalam bulan apapun.

Dan jawaban Zaskia Gotik berikut inilah yang dianggap telah menghina lambang negara. “Apa lambang negara dari sila kelima Pancasila?” Zaskia Gotik menjawab dengan entengnya “Bebek Nungging“. Melihat jawaban Zaskia Gotik, meluaplah linimasa dengan ungkapan kemarahan netizen yang merasa dia menghina lambang negara Indonesia.

Berikut video kasus Zaskia Gotik menghina lambang negara

Saya sendiri memandang hal ini tak lain sebagai sensasi semata. Entah itu disengaja ataupun tidak, berhasil ‘mengangkat’ namanya kembali ke publik. Jika itu memang kesengajaan, sepertinya dia perlu mendapat hukuman kerja sosial yang menyangkut kenegaraan. Namun jika tidak disengaja, rasanya kita perlu mereflesikan diri, untuk mengajar anak-anak kita dengan benar. Jangan sampai menjadi seorang artis yang tidak paham prinsip dasar yang seharusnya sudah dipelajari sejak dini. Sepertinya KPI perlu mengadakan tes moral sebelum para artis itu nampang di layar kaca, bukan hanya beraninya me’mosaik’ Sandy di film Spongebob.

Nanda Widyatama

Seorang web developer. Gemar diajak kuliner. Suka fotografi. Sering ngedit sana ngedit sini. Suami yang siaga.