Siapa yang tidak kenal kolang-kaling? Para penikmat es buah ataupun es campur pasti pernah mencicip kolang-kaling. Kolang kaling merupakan biji sari buah dari pohon aren. Kolang-kaling mengandung hampir 93% air. Selain air, kolang-kaling juga mengandung zat-zat lain seperti kalsium, vitamin A, vitamin B, vitamin C dan gelatin. Lalu apa saja manfaat kolang-kaling bagi tubuh kita?

xpapirus.wordpress.com
xpapirus.wordpress.com
1. Menguatkan tulang dan gigi

Seperti halnya susu, kandungan kalsium pada kolang-kaling dapat membantu pertumbuhan bagi anak, serta menyehatkan tulang bagi orang dewasa. Namun berbeda dengan susu yang juga mengandung banyak kalori yang akan menyebabkan kegemukan jika dikonsumsi berlebih, kolang-kaling lebih sehat karena minim kalori, malahan mengandung gelatin. Gelatin mempunyai efek membuat cepat kenyang, jadi kolang-kaling dapat membantu menghilangkan rasa lapar yang berlebih.

2. Obat radang sendi

Kandungan zat galaktoman dalam kolang-kaling berkhasiat mengurangi rasa sakit pada persendian. Untuk pengobatan, kolang-kaling dapat dikonsumsi 110 gram setiap hari.

3. Kaya serat

Kolang-kaling mengandung banyak air dan serat. Konsumsi serat yang cukup dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan kita. Efeknya, buang air besar akan lancar, dapat mencegah sembelit maupun diare. Cukup dengan mengkonsumsi 5-10 buah setiap hari.

Nah bagaimana, banyak bukan manfaat kolang-kaling bagi tubuh. Kolang-kaling bisa di dapat baik di bakul eyek, pasar tradisional, hingga di supermarket besar. Hindari membeli kolang-kaling yang berwarna mencolok, untuk menghindari campuran dengan pewarna buatan. Warna dasar kolang-kaling adalah putih pucat agak bening. Campurkan kolang-kaling dengan sedikit sirup, susu atau larutan gula (kecuali untuk penderita diabetes).

Mari hidup sehat!

www.sayangi.com
www.sayangi.com