Aplikasi Rumah Sakit Open Source

Rumah Sakit di jaman modern ini tidak lepas dari teknologi. Kebetulan pekerjaan saya bergulat di pengembangan sistem informasi rumah sakit. Maka seringlah saya mencari informasi tentang aplikasi pe-rumahsakit-an.

Dan ternyata ada juga aplikasi rumah sakit yang berlisensi open source. Walaupun aplikasi tersebut cukup sederhana untuk ukuran rumah sakit, tapi menurut saya modul yang disedikan aplikasi tersebut cukup komplit. Menariknya tampilan user interface cukup bagus, menganut style yang baru-baru ini sedang booming. Penasaran? Silahkan tengok situs resminya di hospitalrun.io.

HospitalRun (hospitalrun.io) adalah sebuah aplikasi open source yang dikembangkan dan didukung oleh tim IT CURE International. Bertujuan untuk memodernkan penggunaan software di fasilitas kesehatan negara-negara berkembang. Aplikasi ini memanfaatkan browser terkini serta tampilan yang ramah pengguna dalam pengembangannya. Tak hanya itu, aplikasi ini didesain sedemikian rupa untuk mengakomodir isu kecepatan internet di negara berkembang. Mampu berjalan saat koneksi internet tidak stabil bahkan tanpa koneksi internet, dan akan otomatis menyingkronkan data saat koneksi internet muncul kembali.

screenshot

Aplikasi HospitalRun berbasis web ini ditulis dengan bahasa Node.JS. Jadi silahkan para penggiat javascript untuk mengembangkannya. Tertarik untuk berkontribusi? atau mungkin hanya menggunakannya? toh gratis 🙂 Anda bisa langsung mendownload aplikasi manajemen rumah sakit ini secara gratis melalui halaman github mereka.

 

Sumber: http://www.webappers.com/2016/06/06/open-source-software-for-developing-world-hospitals/

Nanda Widyatama

Seorang web developer. Gemar diajak kuliner. Suka fotografi. Sering ngedit sana ngedit sini. Suami yang siaga.