Kumpulan Plugin Javascript Murni

JQuery benar-benar memudahkan web developer menulis perintah javascript. Terlebih dengan ribuan plugin siap pasang yang tersebar di internet, baik gratis maupun berbayar. Namun terkadang ada saatnya kita hanya membutuhkan beberapa baris javascript yang sederhana. Tanpa perlu menyertakan library jQuery. Nah bagi kalian-kalian yang membutuhkan plugin javascript murni (atau yang biasa disebut VanillaJS), tanpa harus menyertakan framework-framework javascript yang semakin lama semakin besar ukurannya, terdapat sebuah situs yang menyediakan list plugin yang dapat dengan mudah kita gunakan. 

Adalah VanillaList (http://www.vanillalist.com), sebuah situs yang menyediakan daftar kumpulan plugin javascript. Menariknya semua plugin yang tertera di situs itu murni dapat berjalan tanpa plugin framework tambahan lainnya.

plugin-vanillalist-com
List Plugin Javascript

Sebagai contoh ada Rellax.js, jika kita membutuhkan efek parallax. Atau juga C3.js yang digunakan untuk menggambar grafik/chart. Dan masih banyak plugin-plugin lain yang bisa kita gunakan. Hampir semua plugin yang berada di VanillaList dapat diunduh melalui github, bahkan kita boleh berkontribusi dalam pengembangannya.

Hingga saat tulisan ini dibuat, terdapat 114 plugin javascript yang bisa didownload secara gratis. Hal ini tentu saja merupakan kabar gembira bagi para web developer yang sedang membangun website yang sederhana dan cepat. Jadi, plugin apa saja yang pernah anda gunakan?

Nanda Widyatama

Seorang web developer. Gemar diajak kuliner. Suka fotografi. Sering ngedit sana ngedit sini. Suami yang siaga.