Cara Mengeringkan Helm Akibat Hujan

Musim hujan seharusnya sudah akan berakhir, namun memasuki pancaroba, beberapa daerah malah sering diguyur hujan lebat. Bagi kita pengendara motor yang taat lalu lintas untuk selalu memakai helm, melewati jalan saat hujan cukup melelahkan. Apalagi setibanya di rumah, kita akan dihadapkan masalah baru. Helm basah! Padahal esok hari masih akan kita gunakan kembali. Lalu bagaimana cara mengeringkan helm yang efisien? Berikut tipsnya.

Cara Mengeringkan Helm

Untuk mengeringkan bagian luar helm, cukup dilap aja deh, kecuali helm anda terbuat dari kulit kambing. 😀 Nah ada beberapa cara mengeringkan bagian dalam helm.

  • Cara paling baik adalah dengan menjemur langsung di bawah sinar matahari atau di dalam ruangan menggunakan atap yang transparan. Jemur helm dalam posisi terbalik, posisi dalam mengarah ke atas.
  • Jika tidak bisa mendapat cahaya matahari, karena hari sudah malam misalnya, carilah aliran udara, akan lebih baik jika hangat. Misal taruh di mesin AC atau belakang kulkas karena mereka mengeluarkan udara hangat yang berhembus.
  • Kita juga bisa memakan hair dryer untuk mengeringkan bagian dalam helm. Namun cara ini cukup menguras tenaga, terutama tenaga listrik.
  • Selain itu kita juga bisa menggunakan kombinasi kipas angin dan lampu pijar. Letakkan lampu pijar di antara bagian dalam helm, jangan lupa beri jarak untuk menghindari kontak fisik. Kemudian arahkan kipas angin di mode yang paling kecil hembusannya ke bagian dalam helm.
  • Nah untuk menghilangkan bau lembap, kita bisa menggunakan silica gel. Biasanya ikut serta saat pembelian sepatu/tas baru. Silica gel akan menyerap kelembapan yang berlebih. Cukup taruh dua atau tiga silica gel berukuran kecil. Tinggal tidur aja deh, besok pagi helm siap digunakan.

    silica-gel
    onairpk.com

Menggunakan helm yang belum kering

Jika setelah mengikuti beberapa tips di atas dan helm kita belum benar-benar kering. Sehingga kita terpaksa memakai helm yang masih basah, sangat dianjurkan untuk memakai penutup kepala sebelum memakai helm. Hal ini untuk menghindarkan rambut kita dari lepek akibat helm yang lembap dan basah. Cukup pakai penutup kepala yang sesuai dan menempel dengan struktur kepala kita. Jangan menggunakan peci, atau topi sombrero. Paling baik adalah menggunakan hoodie jas hujan. Ada beberapa jas hujan/mantol yang menyediakan penutup kepala yang bisa dilepas. Alternatif lain, kita juga bisa menggunakan topi biasa, buff, atau penutup kepala berbahan kain, dengan catatan helm tidak terlalu basah.

Nah itulah beberapa tips yang saya ketahui dari pengalaman. Ada masukan lain? Silahkan post melalui kolom komentar.

Safety riding ya gaes!

helm-cewek
imgs.oomph.co.id

Nanda Widyatama

Seorang web developer. Gemar diajak kuliner. Suka fotografi. Sering ngedit sana ngedit sini. Suami yang siaga.