Menulis Blog WordPress melalui Aplikasi Desktop

Akhirnya yang ditunggu-tunggu datang juga. Beberapa waktu lampau saya menulis tentang perubahan pada engine WordPress.com, dan menunggu rilis aplikasi desktop untuk sistem operasi yang saya gunakan. Saat itu aplikasi wordpress desktop sudah tersedia namun terbatas untuk pengguna sistem operasi Mac OS saja. Nah, saat ini pengguna Windows dan Linux pun dapat memunculkan senyum di bibirnya.

WordPress.com sudah merilis aplikasi desktop berbasis Windows serta Linux. Namun untuk pengguna Linux selain berbasis Debian atau turunannya harus sedikit bersusah payah. Saat ini aplikasi berbasis Linux dapat diunduh dalam format .deb atau .tar.gz yang artinya pengguna harus mengcompile sendiri aplikasi ini.

Saya akan membahas secara singkat aplikasi ini menggunakan basis Windows, karena saat ini sistem operasi inilah yang saya gunakan.

WordPress Desktop

Kita dapat mengunduh aplikasi desktop untuk WordPress ini melalui laman Download resmi di situs WordPress.com. Pilih operating system yang anda gunakan dan secara otomatis installer akan terunduh ke komputer. Setelah proses pengunduhan selesai, silahkan jalankan installer. Proses instalasi tidaklah rumit, hanya seperti instalasi program seperti biasanya.

Setelah instalasi selesai, akan muncul tampilan untuk sign in ke akun WordPress kita.

wordpress-com-on-desktop-01

Untuk situs-situs self-hosting tetap bisa dimasukkan ke aplikasi ini. Dengan cara menginstal plugin Jetpack dan menghubungkannya ke akun WordPress.com kita. Jika anda belum memiliki akun Wordpres.com saatnya anda membuatnya.

wordpress-com-on-desktop-02

Setelah login ke akun WordPress.com kita, akan tampil halaman homepage yang berisi postingan yang ada dalam Reader kita alias situs-situs berbasis wordpress yang kita ikuti.

wordpress-com-on-desktop-03

Untuk masuk ke situs kita, cukup klik tombol My Sites di sudut kiri atas, dan pilih Switch Site dan akan muncul tampilan Dashboard untuk situs kita. Di halaman dashboard ini akan tampil statistik dari situs kita. Mencakup jumlah view, postingan terbaru, dan statistik lainnya.

wordpress-com-on-desktop-04

Jika anda sudah terbiasa menggunakan WordPress for Android, rasanya membiasakan diri menggunakan aplikasi ini akan cukup mudah. Untuk saat ini saya hanya menggunakan aplikasi ini untuk membuat draft tulisan. Yang nantinya diedit lagi melalui web untuk disesuaikan dengan plugin dari pihak ketiga yang saya gunakan.

wordpress-com-on-desktop-05

Saya belum menyelidik lebih lanjut penggunaan aplikasi ini. Mungkin akan saya tulis fungsi serta plus minusnya di tulisan yang akan datang.

Selamat berkarya!

 

Nanda Widyatama

Seorang web developer. Gemar diajak kuliner. Suka fotografi. Sering ngedit sana ngedit sini. Suami yang siaga.