Cara Menyembuhkan Cacar Air

Cacar air sejatinya merupakan penyakit yang biasanya terjadi pada anak kecil. Penyakit ini berawal dari virus Varicella Zoster yang bisa menular melalui udara. Menurut mitos (atau bukan) cacar air hanya akan menyerang seseorang sekali dalam seumur hidup. Sehingga jika kita sudah pernah tertular, sepertinya, tubuh akan membentuk auto imun yang akan membuat badan kita kebal terhadap cacar. Walaupun cacar biasanya menyerang anak-anak, namun tidak sedikit orang dewasa yang ikut tertular (biasanya karena belum pernah terkena cacar saat kecil). Hal ini disebabkan daya tahan tubuh yang sedang lemah saat terkena virus Varicela Zoster. Jika kita mengalaminya, bagaimana cara menyembuhkan cacar air ini?

cara-mengobati-cacar-air

Cara menyembuhkan cacar air

Cara menyembuhkan cacar air tidak terlalu sulit. Walaupun hingga saat ini belum ditemukan obat instan yang dapat menyembuhkan cacar air seketika, namun langkah-langkah berikut dapat anda lakukan untuk mempercepat penyembuhan cacar air.

1. Tetap mandi paling tidak dua kali sehari

Penyakit ini akan menyebabkan binitk-bintik merah berisi air yang terasa gatal. Karena cacar mudah menular, ada baiknya kita menjaga kebersihan badan. Mandilah pagi dan sore dengan air hangat dicampur sabun antiseptik. Misal air hangat dicampur dengan Dettol antiseptik. Jangan lupa gunakan sabun anti bakteri juga semisal Asepso atau sabun anti bakteri lainnya. Saat mandi, jangan terlalu keras saat membilas, cukup guyur dengan air. Setelah mandi, keringkan badan menggunakan handuk dengan cara memupuk/menotolkan ke badan, jangan gosok permukaan kulit.

2. Gunakan baju/kaos oblong yang tipis

Setelah mandi, gunakan baju dan celana yang tipis, kurangi gesekan pada kulit agar cacar tidak pecah dan menular ke bagian tubuh lain. Jika memungkinkan cukup gunakan kaos singlet dan celana pendek non jeans. Jika baju basah karena keringat, langsung ganti dengan baju yang kering. Jangan lupa gunakan pakaian bersih yang sudah disetrika, agar tidak terkena komplikasi penyakit kulit lainnya. Kan ga lucu kalau sudah terkena cacar yang terkompliaksi dengan panu :D. Kita dapat membeli kaos singlet anak-anak berbahan adem di Blibli yang gratis ongkos kirim.

3. Oleskan lotion pendingin

Cacar akan menyebabkan rasa gatal pada kulit. Rasa gatal yang kita tahan itu akan menyebabkan kulit memanas. Gunakan lotion penyejuk yang mengandung menthol serta bahan tidak berbahaya. Saya biasa menggunakan Caladine lotion karena berbahan aman dan mampu mendinginkan area sekitar kulit.

4. Jangan garuk bentol cacar

Hal ini adalah wajib. Menggaruk dapat menyebabkan menularkan virus ke tangan atau bagian lain. Jika gatal tak tertahankan, cukup tiup bagian yang gatal untuk mengurangi rasa ingin mengaruk. Atau totol-totol dengan menggunakan kapas diolesi cairan antiseptik. Pastikan cukup kuku terpotong rapi agar tidak memecah cacar saat tersenggol. Cacar yang pecah akan menyebarkan virus yang ada dalam cairannya.

5. Hindari hembusan angin dan hawa dingin

Angin dapat menularkan virus cacar ke bagian tubuh yang lain bahkan ke orang lain. Sedangkan hawa dingin akan membuat kita meringkuk dan menggesekkan bagian tubuh ke bagian tubuh yang lain, yang dapat tertular cacar.

6. Suplai makanan bergizi

Usahakan kondisi badan membaik, yang artinya berusaha mengembalikan kondisi tubuh. Dapat dilakukan dengan makan makanan yang bergizi. Jangan lupakan peran vitamin dan mineral dari buah. Jika perlu tambah dengan suplemen, seperti vitamin B kompleks dan vitamin K yang cukup. Atau bisa juga dengan multivitamin seperti Imboost yang cepat meningkatkan daya tahan tubuh. Kita dapat membeli vitamin di apotek terdekat. Tidak lupa cukupi kebutuhan cairan tubuh/elektrolit. Meminum air kelapa muda atau minuman elektrolit lain dapat membantu meringankan panas dalam dan memenuhi kebutuhan elektrolit tubuh. Kondisi tubuh yang fit dapat mempercepat pembentukan imun terhadap virus cacar.

7. Berobat ke dokter

Walaupun cacar air bukan penyakit yang berbahaya dan bisa sembuh seiring dengan peningkatan imun dan kondisi tubuh, namun jika belum mantap, ada baiknya periksa ke dokter terdekat. Jangan lupa minta resep dan bertanya secara detil kegunaan dari masing-masing obat yang ada dalam resep.

8. Kunci semuanya adalah SABAR

Penyakit ini akan sembuh seiring dengan kemampuan tubuh membentuk antibodi. Jadi waktu penyembuhan penyakit cacar bisa berbeda-beda tergantung kondisi badan. Sehingga bersabarlah karena penyakit cacar ini pasti akan sembuh. Semua itu hanya masalah waktu 😀

Itulah cara mengobati cacar air sejauh pengetahuan saya. Saya akan menambah informasi saat mendapat ilmu tambahan lainnya. Semua yang saya utarakan di sini berdasarkan pengalaman saya beserta informasi dari sanak saudara dan handai taulan yang pernah terkena penyakit cacar air. Saat anda menderita cacar, tetap semangat, lakukan rutinitas ringan seperti biasa dengan lebih memperhatikan kebersihan diri dan lingkungan. Anda pasti sembuh!

Nanda Widyatama

Seorang web developer. Gemar diajak kuliner. Suka fotografi. Sering ngedit sana ngedit sini. Suami yang siaga.