Dirgahayu Republik Indonesia ke-70 MERDEKA!!!

Hari ini, genap 70 tahun Indonesia diproklamirkan sebagai negara yang merdeka. Perjuangan para tentara dan sipil berpuluh-puluh tahun lalu untuk membuat Indonesia lepas dari cengkeraman penjajah. Namun sudahkah kita benar-benar merdeka?

Tentu saja donk, kita sudah merdeka secara eksplisit. Kedaulatan negara sudah diakui oleh negara lain. Kita sudah merdeka secara etimologis menurut KBBI penjelasan yang pertama.

merdeka/mer·de·ka/ /merdéka/ a

  1. bebas (dr perhambaan, penjajahan, dsb); berdiri sendiri;
  2. tidak terkena atau lepas dr tuntutan;
  3. tidak terikat, tidak bergantung kpd orang atau pihak tertentu; leluasa;

Namun, janganlah kita cuma berpangku tangan di kursi goyang, karena bagaimanapun kemerdekaan itu adalah hal yang harus tetap diperjuangkan. Kita perlu merdeka dalam berkomunikasi. Kita perlu merdeka dalam kesejahteraan. Kita perlu merdeka dalam pekerjaan. Kita perlu merdeka mendapatkan hak asasi manusia. Anak-anak perlu merdeka di halaman rumah tanpa takut penculikan ataupun tindak kriminal lain. Istri perlu merdeka mengelola rumah tangga tanpa takut kekurangan. Suami perlu merdeka untuk menikmati pekerjaan yang sesuai dengan passion nya tanpa takut tidak bisa membahagiakan anak istri. Karena kemerdekaan itu adalah hak segala bangsa (dan warganya).

Tetap semangat masyarakat bangsa! Selamat Ulang Tahun Mbah Indonesia! Sehatlah selalu, suburlah selalu, saatnya usia dimanjakan oleh anak dan cucumu.

Indonesia negara berkembang,

Kesejahteraan harus tetap diperjuangkan.

Agar menjadi negara maju,

Perbaikan harus kita setuju.

Logo-70-tahun-gerakan-nasional-ayo-kerja-kemerdekaan-Indonesia
tercerahkan.com
upacara-70-tahun-hut-ri
Jangan lupa ikut upacara bendera

Indonesia Merdeka!!!

Nanda Widyatama

Seorang web developer. Gemar diajak kuliner. Suka fotografi. Sering ngedit sana ngedit sini. Suami yang siaga.