Jadwal Piket Jam Kerja Organ Tubuh Manusia

Salam Sehat Gaes!

Tanpa kita sadari, terkadang kita enggan untuk mengatur waktu pola kehidupan dan lebih suka hidup ala kadarnya. Kata orang sih let it flow aja. Memang enak sih, laper tinggal makan, ngantuk tidur, pas ada deadline jadinya lembur diasup dengan pelbagai suplemen. Alhasil pola hidup yang tidak teratur itu akan mengakibatkan bingungnya kerja organ tubuh. Loh, maksudnya gimana tuh? Jadi gini, setiap organ tubuh sebenarnya memiliki waktu piket. Menurut ilmu pengobatan tradisional China, ada 12 organ utama dalam tubuh kita, yakni paru-paru, usus besar, lambung, limpa, jantung, usus kecil, kantung kemih, ginjal, selaput jantung, tiga pemanas, kandung empedu, dan hati.

Untuk itu mari kita simak jadwal piketnya berikut :

LAMBUNG KUAT : 07.00 – 09.00

Organ lambung sedang kuat bekerja pada jam-jam ini. Maka dari itu ada baiknya digunakan untuk sarapan pagi demi proses pembentukan energi tubuh. Minum jus atau jamu dianjurkan sebelum sarapan pagi di saat perut masih kosong, sehingga zat yang berguna akan segera cepat terserap oleh tubuh kita.

LIMPA KUAT : 09.00 – 11.00

Organ limpa sedang kuat-kuatnya bekerja pada jam ini, bertugas mengirim cairan nutrisi untuk energi pertumbuhan. Bila pada jam-jam ini jenengans merasa mengantuk hal tersebut dapat diartikan bahwa fungsi organ limpa jenengans lemah. Kurangi konsumsi gula, lemak, minyak dan protein hewani.

JANTUNG KUAT : 11.00 – 13.00

Organ jantung pada jam-jam ini sedang bekerja dengan kuat maka harus banyak beristirahat, hindari panas dan kegiatan fisik, kurangi ambisi dan emosi agar tidak menambah beban kerja organ jantung terutama penderita gangguan pembuluh darah.

HATI LEMAH : 13.00 – 15.00

Organ hati pada jam ini bekerja dengan lemah, bila orang tidur, darah merah berkumpul dalam organ hati dan terjadi proses regenerasi sel–sel hati. Apabila fungsi hati kuat maka tubuh kuat untuk menangkal semua penyakit.

PARU-PARU LEMAH : 15.00 – 17.00

Organ paru-paru lemah pada jam-jam ini. Maka diperlukan istirahat, tidur untuk proses pembuangan racun dan proses pembentukan energi paru-paru.

Baca juga cara mengobati leher tengeng
GINJAL KUAT : 17.00 – 19.00

Organ ginjal kuat bekerja dalam jam-jam ini. Sebaiknya digunakan untuk belajar karena terjadi proses pembentukan sumsum tulang dan otak serta kecerdasan.

LAMBUNG LEMAH : 19.00 – 21.00

Organ lambung bekerja lemah pada jam-jam ini. Maka dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi makanan yang sulit untuk dicerna atau lama dicerna atau lebih baik untuk berhenti makan pada jam-jam ini.

LIMPA LEMAH : 21.00 – 23.00

Organ limpa bekerja lemah pada jam-jam ini. Terjadi proses pembuangan racun dan proses regenerasi sel limpa. Maka dianjurkan untuk beristirahat. Misal dengan mendengarkan musik yang tenang untuk meningkatkan imunitas.

JANTUNG LEMAH : 23.00 – 01.00

Organ jantung lemah pada jam-jam ini. Maka dianjurkan untuk beristirahat tidur, apabila masih terus beraktifitas seperti bekerja dan begadang maka akan dapat melemahkan fungsi jantung.

Baca juga manfaat kolang-kaling bagi tubuh
HATI KUAT : 01.00 – 03.00

Organ hati bekerja kuat pada jam-jam ini. Terjadi proses pembuangan racun atau limbah hasil metabolism tubuh. Apabila ada gangguan fungsi hati tercermin pada kotoran dan gangguan mata. Apabila ada luka dalam akan terasa nyeri. Disarankan untuk mengingat masa lalu di saat hati kuat 😀

PARU-PARU KUAT : 03.00 – 05.00

Organ paru-paru pada jam-jam ini bekerja dengan kuat. Terjadi proses pembuangan limbah atau racun pada organ paru-paru. Apabila terjadi batuk-batuk, bersin-bersin dan berkeringat menandakan adanya gangguan fungsi paru-paru. Maka dianjurkan untuk sering melakukan olah nafas untuk mendapatkan energi paru-paru yang sehat dan kuat serta kurangi aktifitas yang dapat melemahkan fungsi paru-paru seperti merokok. Jalan pagi adalah salah satu cara memaksimalkan organ paru-paru, selain sehat pastinya segar, tapi cukup seputar kompleks aja buos, biar ndak kecapekan.

USUS BESAR KUAT : 05.00 – 07.00

Organ usus besar bekerja kuat pada jam-jam ini. Maka dianjurkan untuk membiasakan diri BAB (Buang Air Besar) secara teratur pada jam-jam ini. Jangan lupa libil (BAB) dua kali setiap pagi menjaga tubuh kita tetap sehat dan ringan.

Baca juga Metode Wim Hoff, hindarkan penyakit dalam diri anda.

Sebagai acuan bisa dilihat diagram di bawah ini untuk menentukan aktivitas jenengans.

jam-kerja-organ-tubuh
yayasanpanjinusantara.org

Nah sekarang jenengans udah pada tahu kan kapan saat terbaik untuk melakukan sesuatu. Hindari kegiatan berat di waktu-waktu yang melemahkan fungsi organ kita. Jangan begadang ya buos, apalagi kalau tiada artinya. Tak lupa pula kombinasikan dengan mengkonsumsi makanan yang sehat serta air mineral yang cukup.

Mari hidup sehat dengan hemat, cukup berbuat sesuai manfaat, agar tidak sekarat.

runningman-in-color
www.stonybrook.edu

Dari berbagai sumber

Nanda Widyatama

Seorang web developer. Gemar diajak kuliner. Suka fotografi. Sering ngedit sana ngedit sini. Suami yang siaga.