Mengobati leher tengeng

Beberapa waktu lalu, saya merasa kesulitan saat berkendara, ndak bisa noleh ngiwa bero… Kelihatannya gara-gara salah posisi tidur nih leher saya merasa sakit untuk menoleh ke kiri, seperti ada yang narik kenceng di sebelah kanan leher, jadi ketarik saat noleh ke kiri. Itu adalah sakit pada leher yang biasa disebut “tengeng” (Tortikolis Spasmodik).

Baca juga Mengobati Asam Urat

Tengeng terjadi karena adanya kesalahan posisi saat tidur yang menyebabkan otot mengalami kontraksi secara terus menerus sehingga otot mengalami ketegangan. Biasanya orang tidur akan merubah posisinya setiap beberapa jam sekali. Jika kita tidur saking capeknya, biasanya perubahan posisi akan berlangsung lebih lama daripada bisasanya. Ini yang bisa menyebabkan otot leher kaku atau tengeng pada keesokan harinya.

Nah gimana cara mengobati tengeng?

1. Kompres

Kompres dengan menggunakan air dingin dan air hangat secara bergantian agar otot yang tegang mengendur. Bisa juga dengan mengoleskan minyak oles atau balsem untuk menghangatkan bagian yang tegang.

2. Pijat Lembut

Setelah dikompres, coba pijat lembut bagian-bagian sekitar leher seperti bahu dan punggung atas. Namun, jangan langsung ke sumber sakit karena berbahaya jika salah pemijatan. Tujuan pemijatan ini untuk mengendurkan syaraf yang kaku. Biasanya saya memijat satu arah, dari bawah ke atas, sekalian memperlancar peredaran darah ke otak.

3. Peregangan

Lakukan peregangan dengan duduk tegak, lalu tarik kepala ke bawah perlahan. Tahan 8 hitungan kemudian lakukan hal serupa untuk ke kanan dan ke kiri. Tapi ingat, hal ini harus dilakukan secara perlahan.

Baca juga Mengobati nyeri pinggang menjalar ke kaki

4. Pernyaman Tempat Tidur

Misal jemur bantal dan kasur, ganti sprei dan bebaskan kamar tidur dari debu. Intinya buat agar tidur menjadi nyaman, ubah posisi tidur jika terjadi ketegangan (bagian leher lho ya) agar lebih rileks.

5. Minum Obat Pereda Nyeri

Untuk mengurangi rasa nyeri, bisa dengan meminum obat pereda nyeri ringan, seperti paracetamol dan sejenisnya. Jangan lupa juga perbanyak konsumsi air mineral sehat.

6. Bersabar dan Berdoa

Bersabar karena pada dasarnya manusia akan memperbaiki dirinya sendiri dengan natural. Sistemnya sudah canggih banget. Namun jangan lupa juga berdoa, agar kita tidak diberi kesulitan saat menderita tengeng 😀

Baca juga Metode Wim Hoff, hindarkan penyakit dalam diri anda.

Sekarang leher tengeng saya sudah sembuh, bagaimana dengan tengeng anda? Jika cara saya ini bermanfaat, jangan lupa sebarkan info kepada rekan-rekan tengeng anda 😉

 

sumber: http://www.fimadani.com/mengatasi-tengeng-pada-leher/

Extreame Biru Alat Pijat Leher

Extreame Biru Alat Pijat Leher

Promo Alat Pijat Leher berbentuk bantal berbahan lembut & aman yang didesain comfy. Bantal ini dirancang untuk memperlancar sirkulasi darah di leher dan kepala, otomatis switch off setelah 20 menit, mengurangi pegal-pegal di perjalanan jauh, dan desain yg disesuaikan dengan bentuk tubuh manusia. Pemakaian rutin berfungsi untuk melancarkan peredaran darah. Menghilangkan pegal di leher, melemaskan otot leher yang kaku. Gunakan produk ini dan dapatkan segudang manfaat untuk tubuh Anda. Gratis ongkos kirim seluruh Indonesia.
Rp 99,000Rp 71,500

Nanda Widyatama

Seorang web developer. Gemar diajak kuliner. Suka fotografi. Sering ngedit sana ngedit sini. Suami yang siaga.