Belajar Notasi Suling Bambu

Setelah minggu kemarin saya berjalan-jalan ke Ketep Pass dan membeli suling bambu, timbullah penasaran saya tentang bagaimana cara memainkannya. Mulailah saya gugling tentang notasi pada suling bambu. Kebetulan saya sudah pernah (dan masih ingat) cara memainkan recorder pada saat masih sekolah dulu. Lubang pada suling bambu ini hanya ada enam berbeda dengan lubang pada recorder yang berjumlah 8. Bagaimana cara belajar notasi suling bambu?

 

Ternyata cara bermain nadanya tidak sulit, saat semua lubang ditutup, berbunyi nada do. Jika dibuka satu lubang yang paling bawah, akan berbunyi re, jika tiga lubang terbawah dibuka akan berbunyi mi. Begitu seterusnya hingga semua lubang dibuka menghasilkan nada si. jadi 6 lubang ditutup merepresentasikan nada do-la, kemudian jika dibuka semua akan menghasilkan nada si. Berikut ini gambaran cara bermain suling bambu yang saya dapatkan dari blog seseorang.

Not Suling Bambu

Lalu gimana cara mendapatkan nada do tinggi? caranya cukup sulit kalau ini. posisi jari sama seperti do natural, tutup semua lubang, tapi cara meniupnya harus diempret dikit, tutup sedikit lubang tiup dengan lidah. Nah ini yang sulit, saya pun masih mencoba-coba. Semoga saya bisa jadi mahir seperti Mbah No “Raja Suling”.

Video teknik belajar suling bambu

Nah selamat bermusik kawan, karena musik salah satu cara menikmati hidup.

Yamaha Suling YRS-23

Yamaha Suling YRS-23

Promo Yamaha Suling YRS-23 merupakan suling berbahan ABS resin body yang dirancang untuk memberikan kemudahan saat dimainkan serta memiliki kualitas tone sempurna yang sangat ideal bagi para pemula dengan German style key system dan key : C. Set termasuk cotton case dan fingering chart. Gratis ongkos kirim untuk seluruh Indonesia
Rp 75,000Rp 40,000

Nanda Widyatama

Seorang web developer. Gemar diajak kuliner. Suka fotografi. Sering ngedit sana ngedit sini. Suami yang siaga.