Kolaborasi Gambar Online untuk Desainer

Sebagai seorang web developer, terkadang saya membutuhkan aplikasi untuk berkolaborasi dengan client ataupun developer lain. Semisal, saya mengajukan desain dalam bentuk gambar, dan dikirim ke client, kemudian client akan membalas dengan memberikan keterangan, atau terkadang client memberikan catatan langsung di gambar yang saya kirim kemudian dikirim balik, begitu seterusnya. Capek kan bolak balik kirim email? Apalagi jika revisinya berulang kali, terkadang bisa keselip tuh catatan dari client. Terus gimana cara kolaborasi desain yang bagus dan mudah?

Nah kemudian saya menemukan situs untuk kolaborasi online. Contohnya adalah Redpen.io. Melalui situs ini saya bisa mengunggah gambar, mengirim linknya ke client (atau invite sebagai kolaborator) kemudian client dapat memberikan catatan langsung di gambarnya. Catatan berbentuk bulatan-bulatan manis yang dapat kita hover.

redpen-sample
www.marceldigital.com

Manis bukan? Sayangnya saat ini versi gratis dari Redpen.io hanya memperbolehkan gambar untuk direview selama 20 hari. Tapi jangan khawatir, saya sudah menemukan alternatif dari Redpen.io yang gratis yaitu Kivo.com. Nih contohnya https://kivo.com/p/RK6dI9p8.

Memang secara tampilan masih cantik Redpen, namun dengan kegratisannya serta fitur-fitur yang ta kalah pentingnya sepertinya Kivo.com bisa diandalkan. Seraya berdoa saja agar service mereka long lasting hahahha…

Ada sih alternatif lain seperti Redmark.com, tapi saya belum pernah nyobain.

Selamat berkarya gaes!!!

Nanda Widyatama

Seorang web developer. Gemar diajak kuliner. Suka fotografi. Sering ngedit sana ngedit sini. Suami yang siaga.