Mengubah teks/string di WordPress tanpa language file

Doh, baru-baru ini saya diminta mengubah label field pada halaman admin di situs yang menggunakan engine wordpress. Maklum lah, daripada ribet bikin CMS sendiri, karena keperluannya mendesak serta ngirit juga, alhasil terpaksa pake wordpress. Toh wordpress sekarang cukup powerfull. Setelah gugling sana – gugling sini, akhirnya ketemulah solusi paling manjur, selain hardcode, yaitu berupa PLUGIN. Inilah hebatnya wordpress gaes, pluginnya bejibun.

Untuk mengubah teks atau string di wordpress, saya menggunakan plugin bernama Say What?. Sesuai namanya, kita bisa mengubah teks apapun di dalam wordpress, syaratnya hanya, teks yang akan diubah harus support translation. Teks ini biasanya diwrap dengan __(), _e(), atau _x() di bagian codenya.

$foo = __('Teks yang bisa diubah', 'plugin-domain');

Bagaimana cara mengubah teks atau string di wordpress menggunakan plugin tersebut? Nah cara mengubahnya cukup gampang. Pertama instal dulu pluginnya, bisa melalui halaman admin wordpress jenengans langsung, atau via download dan upload. Keterangan lebih lengkap tentang instalasi plugin bisa ditengok di sini.

Setelah sukses menginstal dan plugin sudah aktif, silahkan buka menu Tools – Text changes.

www.leewillis.co.uk

Setelah itu kita tinggal menambahkan teks yang akan kita ubah dengan mengeklik tombol Add New.

replacement
plugins.leewillis.co.uk

Keterangan

  • Original string adalah teks yang akan kita ubah
  • Domain berisi nama plugin (biasanya) jika akan mengubah teks di dalam plugin. Kosongi untuk mengubah teks core wordpress
  • Replacement string berisi teks pengganti yang diinginkan

Tadaaaa…. teks pun terganti. Monggo jika ada pertanyaan.

Sumber: How to change text in a WordPress plugin – Lee WillisLee Willis

Nanda Widyatama

Seorang web developer. Gemar diajak kuliner. Suka fotografi. Sering ngedit sana ngedit sini. Suami yang siaga.