Terobosan Musik Digital – Reactable

Pernah lihat meja interaktif di film Iron Man atau Avatar? Ternyata sudah ada di dunia nyata lho, kali ini di bidang musikal. Musik telah mengalami evolusi secara drastis. Seiring dengan berkembangnya teknologi, musik telah merambah ke ranah digital. Jika dulu perkembangan musik digital sempat stagnan di dunia keyboard dan synthesizer, saat ini menjadi lebih maju. Dasar musik digital atau biasa kita pahami dengan istilah MIDI (Music Instrument Digital Interface) berhasil dikembangkan dengan ciamik.

Pada tahun 2005 diperkenalkan teknologi implementasi musik digital yang menggabungkan dengan metode analog. Reactable, suatu alat yang bisa memproduksi musik digital dengan metode pengenalan peletakan obyek. Dan menurut saya teknologi tersebut sangat revolusioner. Mengubah stigma musik digital yang melekat pada synthesizer yang berbentuk menyerupai piano.

Jadi seperti apa sih reactable ini? Mari kita simak video teaser Reactable edisi terbaru berikut ini.

Pada dasarnya reactable adalah sebuah meja berupa layar sentuh yang responsive terhadap module yang kita letakkan di atasnya. Masing-masing module memiliki ciri khasnya sendiri-sendiri. Setiap obyek atau modul yang berbentuk kubus dapat kita custom dengan musik yang kita suka. Setiap sisi dan posisi sudut dapat menghasilkan musik yang berbeda pula.

Wow, kata pertama saya saat melihat video pertunjukkan live nya. Jadi tantangan buat para DJ nih, bisa show live dengan menggunakan Reactable tentunya akan menambah kekerenan anda. Berapa harganya? Saat ini saya belum tahu, tapi anda dapat memesan sesuai pilihan melalui situs resminya. Jika satu set modulnya bisa mencapai harga 350 euro atau sekitar 5,3 juta, hmmm pastinya mejanya lebih mahal.

Penasaran ingin mencoba? Saya mungkin akan mencoba, tapi sebatas aplikasi di mobilenya. Hehehe. Biar lebih ngiler, ini salah satu video pertunjukkan live menggunakan Reactable.

Semangat berkreativitas.

Nanda Widyatama

Seorang web developer. Gemar diajak kuliner. Suka fotografi. Sering ngedit sana ngedit sini. Suami yang siaga.