Agar Youtube aman bagi anak

Anda memiliki anak kecil? Atau adik maupun keponakan yang masih di usia kanak-kanak? Pastinya tak luput dari menonton film. Seiring dengan perkembangan zaman, film ta hanya disajikan melalui televisi. Melalui internetlah biasanya kita memanjakan anak-anak. Jika film di tivi sudah melalui badan sensor (yang walaupun saat ini kebangetan), video yang disajikan lewat internet lebih susah diawasi. Lalu bagaimana cara agar Youtube aman bagi anak-anak kita? 

Mengapa Youtube?

Sebenarnya banyak penyedia video di internet. Namun dengan maraknya smartphone android (yang dimiliki Google) semakin terkenal pulalah situs penyedia video Youtube (yang sudah dimiliki oleh Googel juga). Berjalan dengan keterkenalannya Youtube, para provider bersaing untuk membuat akses Youtube lebih cepat. Bandingkan saja, dengan kecepatan internet yang sama, streaming video Youtube akan lebih lancar daripada penyedia sejenis seperti Vimeo, Dailymotion, bahkan situs penyedia karya tanah air Vidio.com.

Agar Youtube aman bagi anak

Youtube sebenarnya sudah mengeluarkan produk khusus untuk anak-anak yaitu kids.youtube.com. Situs ini menyediakan konten video yang sangat aman bagi anak-anak. Sayangnya konten-kontennya belum tersedia untuk negara Indonesia. Semoga saja Youtube for Kids ini segera meluaskan sayapnya hingga tanah air.

Sebenarnya konten di dalam Youtube.com pun sudah termasuk ‘aman’. Aman dengan menggunakan standar US negara sang pembuat. Sangat jarang ditemukan konten pornografi, paling-paling yang hanya menjurus judul/covernya demi trefik. Namun jika masih belum merasa aman, di Youtube.com kita bisa mengaktifkan fitur Restricted Mode. Saat fitur ini dalam kondisi aktif, video yang muncul dan dapat kita tonton hanyalah yang menurut Youtube aman (minus konten dewasa) dan bebas dari laporan pengguna (kita bisa lho melaporkan video yang isi kontennya tidak baik). Bagaimana caranya mengaktifkan Restricted Mode di Youtube?

Via Browser

  1. Scroll sembarang halaman Youtube hingga menu paling bawah terlihat.
  2. Pilih opsi Aktif (On) untuk mengaktifkan fitur ini.  
  3. Jangan lupa klik Save untuk menyimpan konfigurasi.

Via Android

  1. Sentuh Menu > Setelan > Umum (Menu > Settings > General)
  2. Di bagian Mode Terbatas (Restricted Mode) centang kotak untuk mengaktifkan fitur ini. 

Untuk device lain, petunjuk pengaktifan fitur ini dapat dilihat di sini.

 

Ada cara-cara lain yang lebih ekstrim, seperti aplikasi untuk membatasi waktu penggunaan, mengamankan dengan bantuan password, dan lain sebagainya. Namun yang paling aman adalah awasi aktivitas anak anda secara langsung. Jangan lupa luangkan waktu anda untuk mereka. Karena bagi mereka, waktu anda adalah yang paling berharga. 🙂

Nanda Widyatama

Seorang web developer. Gemar diajak kuliner. Suka fotografi. Sering ngedit sana ngedit sini. Suami yang siaga.