Musik legal gratisan untuk video

Saat ini mengedit video bukan lagi pekerjaan yang eksklusif dilakukan kalangan media profesional. Bahkan adik-adik kita yang masih duduk di bangku sekolah dasar pun sebagian sering melakukan editing video. Entah itu berupa video kolase beberapa gambar, memberi efek-efek lucu, ataupun hanya sekedar menambah musik pengiring.

Jika kita ingin mengunggah video olahan ke Youtube ataupun penampung video lainnya, tentu saja kita perlu memperhatikan legalitas berkaitan hak cipta. Dengan membeli lagu, bukan berarti kita dapat menggunakannya dengan bebas untuk diolah ataupun dishare. Apalagi lagu bajakan, sangat tidak disarankan diunggah ke Youtube.

Lalu, darimana kita bisa mendapat musik yang aman untuk kita gunakan dalam video kita? Ada dua cara:

  1. Membuat musik sendiri. Kita bisa mengcover lagu dengan aransemen pribadi dan menggunakannya dalam video kita. Namun perhatikan jangan sampai melanggar hak cipta yang dimiliki oleh lagu aslinya.
  2. Menggunakan musik gratis yang legal digunakan. Biasanya berlisensi CC ataupun GPL.

Terdapat beberapa situs yang menyediakan musik gratis yang legal digunakan dan bisa kita download. Berikut beberapa situs penyedia download musik gratisan legal yang sering saya gunakan:

  • Youtube. Jika ingin mengunggah video ke Youtube, paling aman adalah dengan menggunakan musik/backsound yang disediakan Youtube sendiri.
  • Royalty-free Music dari Proud Music Library
  • Free Music Archive
  • dan masih banyak situs penyedia download mp3 gratis lainnya

Yang perlu diingat, setiap musik mempunyai lisensi sendiri-sendiri. Ada yang bole kita gunakan dengan bebas, ada yang boleh kita gunakan dengan syarat mencantumkan sumbernya. Baca aturan penggunaannya ya agar video kita aman dari segala abuse dan penghapusan otomatis dari Youtube.

Selamat berkarya!

Sumber: Legal Music For Videos – Creative Commons – Creative Commons

Nanda Widyatama

Seorang web developer. Gemar diajak kuliner. Suka fotografi. Sering ngedit sana ngedit sini. Suami yang siaga.