Medium, tempat dimana banyak artikel berkualitas baik berada. Sangat banyak artikel sangat menarik untuk dinikmati. Sayangnya, kita hanya bisa membaca 3 artikel premium secara gratis dalam satu bulan. Selebihnya kita diwajibkan menjadi Premium Member berbayar. Walaupun banyak juga artikel yang benar-benar disajikan secara gratis oleh penulisnya di Medium. Tapi, jika memang kita sudah tertarik dengan judul dan pengantar untuk suatu artikel, dan ternyata tidak bisa membaca lanjutannya, kan nyebelin.

Lalu bagaimana cara membaca artikel Medium yang terkunci secara gratis? Begini caranya.

Prasyarat

  • Memiliki akun twitter (atau telegram)

Langkah-langkah

  1. Buka artikel Medium yang terkunci karena kita sudah melampaui batas gratisan bulanan (3 artikel per bulan)
  2. Copy link artikel tersebut.
  3. Buka twitter kalian, buat sebuah DM/Message/Pesan, tujukan ke akun twitter kalian sendiri.
  4. Paste link artikel yang sudah dicopy tadi dalam DM, dan kirim.
  5. Setelah terkirim, buka link yang ada di DM tadi dengan mengekliknya, twitter akan membuka browser, dan voila artikel yang terkunci tadi bisa kita baca secara utuh.

Contoh di atas menggunakan bantuan DM Twitter, alternatifnya bisa juga memakai bantuan Aplikasi Telegram.

Tulisan ini ditujukan untuk educational purpose only, dalam artian, jika anda senang membaca artikel di medium, dan anda mampu membayar biaya berlangganan, ada baiknya anda mendaftar menjadi member premium.

NB: Trik ini masih bisa digunakan hingga saat artikel ini ditulis, jika di kemudian hari, trik ini sudah tidak bisa digunakan, kabari penulis ya. Selamat mencoba.