Whatsapp Gratis Seumur Hidup

Pagi ini saya dikejutkan oleh notifikasi dari Whatsapp. Bukan info undian yang sering nyasar nyangkut. Bukan pula berita buruk yang sering mengejutkan kita. Melainkan informasi dari Official Whatsapp bahawa sekarang Whatsapp Gratis! Loh bukannya Whatsapp sebelumnya memang gratis? 

Bagi yang belum tahu, aplikasi Whatsapp memang gratis didownload, namun sebenarnya diterapkan biaya berlangganan. Tahun pertama berlangganan tidak dipungut biaya alias gratis, namun mulai tahun berikutnya, Whatsapp meminta ongkos sebesar 99 sen dolar Amerika atau sekitar 13.000 rupiah sekarang ini. Tidak mahal memang untuk menebus layanan kirim pesan yang mudah dan reliable. Saya sendiri hingga saat ini masih mengutamakan Whatsapp sebagai aplikasi layanan pesan.

Nah dua hari lalu, Whatsapp mengumumkan penggratisan layanan akan segera diimplementasikan. Dan pagi ini saya sudah mendapatkan servis seumur hidup tersebut.

whatsapp-free-1
Credit: henponnya Ade Candra

Beberapa pihak sempat takut akan hadirnya iklan menghiasi aplikasi Whatsapp. Namun menurut informasi dari beberapa situs yang saya baca, semisal Hackernews, mengatakan bahwa pihak Whatsapp akan tetap berpegang teguh pada prinsip adfree alias tanpa iklan. Kalau begitu dari mana pemasukan Whatsapp?

Kemungkinan terbesar, Whatsapp akan menyediakan layanan berbayar yang bisa digunakan untuk kepentingan komersil. Apa saja keunggulan servis berbayar tersebut? Berapa harganya? Saya belum tahu. Toh saya juga belum menggunakan Whatsapp untuk kepentingan komersil profesional. Yang saya tahu Whatsapp pasti untuk apalagi setelah dimiliki Facebook. Karena mereka memiliki semua data kontak kita beserta teman-teman kita, dan mungkin bisa mempelajari pola kehidupan kita. Ah ngelantur…

whatsapp-free-2

Yang jelas, selamat menikmati Whatsapp gratis seumur hidup. Terima kasih Whatsapp. Terima kasih Facebook. Keep it as simple as is and I will keep use it primarily.

 

Sumber:

  • https://blog.whatsapp.com/615/Making-WhatsApp-free-and-more-useful
  • http://thehackernews.com/2016/01/whatsapp-free-lifetime.html

Nanda Widyatama

Seorang web developer. Gemar diajak kuliner. Suka fotografi. Sering ngedit sana ngedit sini. Suami yang siaga.