Cara Menentukan Kualitas Video Default Youtube

Youtube memang memiliki algoritma tersendiri untuk menentukan kualitas video yang ditampilkan. Walaupun kita bisa memilih secara manual kualitas yang kita kehendaki. Entah itu 30p, 720p HD atau bahkan 2K atau 4K. Jika kita menonton video lewat aplikasi android/iOS, kita bisa mengeset kualitas default yang kita inginkan dengan mudah.

Namun saat menonton menggunakan browser web, setingan kualitas video akan berubah menjadi auto setiap kali kita meload ulang video. Menyebalkan bukan? Ya kalau internet kita kencang, rasanya tidak menjadi masalah. Tapi saat kecepatan internet kita tidak stabil, biasanya Youtube akan merubah seting auto menjadi terendah, alias 144p.

Lalu bagaimana cara menentukan kualitas default Youtube? Ternyata caranya tidak sulit kok.  

Ikuti petunjuk di bawah ini.

 

Caranya untuk Browser

Untuk pengguna browser Google Chrome: dapat menginstal ekstensi Auto HD For YouTube™ melalui browser Google Chrome kita

Untuk pengguna browser Mozilla Firefox: bisa menginstal addon YouTube High Definition melalui browser Mozilla Firefox kita

Untuk pengguna browser Opera: sebelumnya wajib menginstal Download Chrome Extension agar bisa menggunakan ekstensi Chrome di Opera. Kemudian kita bisa menginstal Auto HD For YouTube™

 

Caranya untuk Aplikasi Mobile

Lalu bagaimana untuk merubah setingan default kualitas lewat aplikasi mobile? Tidak sulit kok.

Untuk mengubah setingan kualitas default Youtube di Android/iOS:
  1. Di aplikasi, pilih More .
  2. Pilih Quality .
  3. Kemudian pilih kualitas video yang kita inginkan.

Mudah bukan, mengubah kualitas default Youtube?

Punya cara lain atau pertanyaan? silahkan isi di kolom komentar di bawah. Baca juga artikel cara untuk menyimpan video Youtube untuk menghemat quota internet kita.

 

Catatan: Memilih kualitas rendah (240p atau 360p) akan membuat loading video lebih cepat. Seting ini akan diingat setiap kali membuka video Youtube.

 

Salam Kerja

 

Referensi:

Nanda Widyatama

Seorang web developer. Gemar diajak kuliner. Suka fotografi. Sering ngedit sana ngedit sini. Suami yang siaga.