Pekan ke-3 Chelsea mengalahkan Burnley

NANDAABIZ.com – Pekan ini Chelsea bermain di kandang menjamu Burnley. Bermain di kandang sendiri, The Blues menguasai jalannya pertandingan. Antonio Conte kembali merotasi pemainnya, tidak ada Pedro di line up digantikan oleh Willian, pemain terbaik Chelsea musim lalu. kwartet Ivanovic-Cahill-Terry-Azpilicueta kembali menjadi back four andalan. Dibantu oleh Kante dan Matic di depannya sebagai duet poros jangkar. Sedangkan Willian, Oscar, dan Hazard dipasang menopang Diego Costa sebagai penyerang tunggal. Batshuayi kembali nantinya memulai pertandingan dari bangku cadangan.

Babak pertama berjalan satu sisi. Chelsea berhasil menguasai pertandingan dengan 64% ball possesion. Menciptakan 5 peluang dimana 4 diantaranya mengarah ke gawang. Hal ini sangat kontras dengan tim tamu yang hanya menciptakan satu peluang off target. Tim biru langsung menggebrak pada menit ke-8, melalui Eden Hazard. sebuah skema serangan cepat diawali dari umpan Nemanja Matic dari jantung pertahanan. Hazard menerima bola dengan baik diikuti dribel dari setengah lapangan. Akselerasi yang cepat itu diakhiri dengan tembakan dari luar kotak penalti yang bersarang di sisi kiri bawah gawang Burnley. 1-0 untuk keunggulan Chelsea. Hazard kembali menerima peluang. Pada menit 13, Matic yang lolos dari jebakan offside melepaskan umpan silang. Hazard yang berada di sisi jauh, menerima bola dan melakukan tembakan mendatar, sayang bola masih bergulir tipis di samping gawang.

Gary Cahill melakukan tendangan voli menerima bola lepas umpan dari Kante, namun tendangan keras tersebut mesih mengenai bek Burnley dan akhirnya melebar. Kali ini gilirang Diego Costa memperoleh peluang emas. Berawal dari Willian yang cerdik melepaskan terobosan. Oscar menerima dengan baik, dengan satu gerakan mengecoh lawan kemudian mengirimpan umpan pendek ke Costa di depan gawang. Sayang sekali sontekannya masih terlalu lemah hingga bisa ditangkap Heaton.

Willian berhasil menambah keunggulan Chelsea. Umpan datar dari Costa diterima dengan tenang. Melalui sedikit penetrasi ke kotak penalti musuh, pemain ini mampu melepaskan tendangan cepat yang akhirnya bersarang di gawang Burnley. Tim tamu sempat mendapat peluang di menit ke 43. Sayangnya tendangan mendatar Scott Arfield belum mampu mengancam gawang Chelsea.

Di babak kedua, Chelsea semakin menunjukkan keperkasaannya di kandang. Dengan tetap memenangi 65% penguasaan bola, Hazard dkk seperti tidak puas dengan keunggulan 2 gol. Dua buah peluang bersih mengarah ke gawang Tom Heaton.

Peluang pertama didapat Diego Costa. Melalui sebuah skema serangan cepat berakhir dengan kemelut di depan gawang Burnley. Sebuah sontekan kecil Matic membuat bola dikuasai Diego Costa. Namun tendangan kaki kirinya masih tepat mengarah ke kiper Heaton. Hazar kembali mengancam dengan sepakan setengah voli dari luar kotak penalti. Kembali Tom Heaton berhasil menepis bola sembari menjatuhkan dirinya. Bola rebound ditendang oleh John Terry, tapi tendangan keras tersebut masih melambung di atas mistar gawang.

Hazard lagi hazard lagi. Pada menit ke 58, Hazard menembak dari luar kotak penalti, sayangnya tembakan kaki kirinya masih melambung sedikit di atas gawang, sama sekal tidak mengancam Tom Heaton. Burnley sempat mendapat kesempatan. Oneill melakukan tendangan spekulasi dari luar kotak penalti Chelsea. Namun Ivanovic berhasil mengeblok tendangan tersebut.

Tiga kosong. Chelsea mampu mengunci kemenangan melalui Victor Moses pada menit akhir pertandingan. Tiga pemain pengganti berperan penting. Diawali serangan cepat dari Ivanovic ke Oscar. Oscar terjatuh ditekel pemain lawan sembari mengoper ke Batshuayi. Wasit Clattenberg melakukan play-on. Batshuayi langsung mengoper jauh ke Pedro yang berada di sisi penyerangan. Pedro memberikan pin-point pass ke sisi lain di depan gawang. Ternyata Moses mampu menerima bola sembari menjatuhkan diri. Bola pun bergulir ke gawang.

Berikut Video Extended Highlights Chelsea vs Burnley pada pertandingan pekan ke-3 Premier League 2016/2017.

Nanda Widyatama

Seorang web developer. Gemar diajak kuliner. Suka fotografi. Sering ngedit sana ngedit sini. Suami yang siaga.