Santap Malam ala Kampung Arab

NANDAABIZ.com – Kali ini kami berkesempatan mencicipi masakan rasa timur tengah. Restoran alias warung yang menjamu kami bernama Kampung Arab. Kampung Arab ini terletak di bagian utara Yogyakarta. Tepatnya di sebelah utara Monumen Jogja Kembali atau lebih akrab dipanggil monjali. Untuk menemukannya kita cukup mencari perempatan monjali, kemudian lurus ke utara sekitar 500 meter saja.

kampung_arab_laugh_delicious

Menu yang disediakan cukuplah beragam. Harga tidak terlalu mahal kok, pada dasarnya. Dengan berbekal 30-40 ribu rupiah saja, kita bisa menikmati makanan dan minuman khas arab. Berikut ini menu warung Kampung Arab.

kampung_arab_menu
Menu Makanan dan Minuman Kampung Arab Jogja

Sayangnya, harga yang murah tersebut ternyata memang sebanding dengan kuantitas. Nasi goreng seharga 18 ribu memiliki porsi yang cukup bagi wanita. Namun untuk santap malam pria, mungkin perlu menambah makanan lainnya.

Seperti layaknya camilan timur tengah, janganlah lupa untuk mencicipi kebab. Makanan ‘ringan’ yang sudah cukup terkenal di sekitar Jogja ini dibandrol harga 15 ribu rupiah. Cukup enak untuk dimakan seraya menunggu makanan utama siap.

Makanan yang paling diincar adalah iga kambing bakar. Harga yang tidak terlalu mahal bagi ukuran iga bakar. Namun kembali lagi, ternyata porsinya sangatlah minim. Jika dilihat memang tampilan menarik dan cukup besar, namun daging yang tersisa di tulang iga tidak cukup banyak untuk bisa dinikmati. Walaupun begitu, rasa iga bakar ini sangatlah lezat.

Selain pilihan makanan yang beragam, kita bisa mencoba berbagai minuman di sini. Kita bisa mencoba Najwa (kopi+kurma+milkshake) atau Safa (jeruk+kurma+milkshake) yang cukup memanjakan lidah. Selain itu terdapat pilihan menu penutup yang tidak boleh dilewatkan. Kemarin kami mencoba Hadramies yang merupakan campuran buah alpukat, agar-agar, dengan topping es krim matcha.

kampung_arab_suasana

Selain makanan dan minuman di atas, Kampung Arab juga menyediakan shisha. Apa itu shisha? Shisha merupakan cara merokok menggunakan alat pipa besar. Menariknya, rasa yang bisa dinikmati tidak hanya rasa tembakau namun juga rasa buah-buahan dan lainnya. Dengan menggunakan shisha, merokok bisa dinikmati dengan cara yang aman (mungkin). Namun kembali lagi, merokok tetap saja bukan hal yang baik.

kampung_arab_shisha
Merokok Shisha di Kampung Arab

 

Nanda Widyatama

Seorang web developer. Gemar diajak kuliner. Suka fotografi. Sering ngedit sana ngedit sini. Suami yang siaga.