Nyeri pinggang menjalar ke kaki?

Seorang ibu rumah tangga datang ke dokter dengan keluhan nyeri pada pinggangnya. Nyeri itu timbul sejak mengangkat galon air dari lantai. Nyeri dirasakan menjalar dari pinggang belakang sampai ke kaki kiri selama beberapa bulan, kemudian ke tungkai kanan. Dia sempat mengoleskan obat gosok, tetapi tak juga membaik. Nyeri terasa berkurang saat berbaring, sebaliknya semakin berat ketika batuk, bersin, mengejan, atau berubah posisi. Nyeri juga disertai baal (mati rasa) di telapak kaki, terkadang ada rasa kesemutan di ujung-ujung jari kaki. Si ibu merasa kedua kakinya semakin lemah, namun masih bisa berjalan.

(diambil dari www.suarapembaruan.com)

Apakah yang terjadi pada ibu tersebut? ….

TERNYATA … HERNIA NUKLEUS PULPOSUS. APA ITU?
Hernia nukleus pulposus (HNP), dalam bahasa awam sering disebut sebagai ‘urat terjepit’ atau ‘saraf terjepit’, adalah suatu keadaan dimana terjadi penonjolan nucleus pulposus (suatu materi lunak yang menyusun ) pada diskus intervertebralis (persendian pada tulang belakang) atau terlepasnya sedikit dari nucleus pulposus ke dalam kanalis vertebralis.

Sakit PinggangPria dan wanita memiliki risiko yang sama dalam mengalami HNP. Rata-rata penderita HNP berusia antara usia 30 sampai 50 tahun. HNP merupakan penyebab paling umum kecacatan akibat kerja pada orang yang berusia di bawah 45 tahun.

Biasanya bagian tulang belakang yang paling sering terkena HNP adalah pinggang (lumbal), meskipun tidak menutup kemungkinan HNP terjadi di tulang belakang leher (cervical) atau dada (thorakal). Karena itu, pembahasan dalam artikel ini menitikberatkan pada HNP yang terjadi di pinggang (lumbal).

APA SAJA GEJALA DAN TANDANYA? 
HNP ditandai dengan nyeri yang bersifat menusuk tajam bagaikan ‘nyeri gigi’ pada bagian bawah pinggang yang menjalar ke lipatan bokong, tepat di pertengahan garis tersebut. Dari titik tersebut sampai ke lipatan lutut terasa ‘ngilu’, sementara dari lutut menuju jari kaki ke 4 atau 5 penderita merasa ‘kurang enak’, baal, atau kesemutan. Nyeri tersebut dirasakan umumnya pada sebelah kaki.

Baca juga Mengobati Asam Urat

Hampir semua penderita HNP mengeluh tentang ‘sakit pinggang’ sebelumnya. Ada yang mengeluh beberapa bulan bahkan beberapa tahun sebelumnya. Sakit pinggang yang dideritanya hilang dengan istirahat dan biasanya ialah trauma ringan, seperti ‘menahan diri waktu terpeleset’, ‘waktu keluar mobil pinggang terkilir’, ‘membedol rumput’ dan sebagainya. Jarang sekali didapatkan kasus HNP akut dimana ‘sakit pinggang’ dan nyeri pada kaki bangkit serentak.

MENGAPA BISA TERJADI?
HNP diawali dengan pendesakan (hernia) nucleus pulposus ke korpus vertebra diatas atau di bawahnya atau langsung mendesak ke kanalis vertebralis, sehingga menekan saraf di sekitarnya dan menyebabkan terjadinya radang pada saraf tersebut. Desakan tersebut dapat disebabkan oleh beberapa luka pada tulang belakang atau oleh tekanan yang berlebihan, biasanya disebabkan oleh karena mengangkat beban/ mengangkat tekanan yang berlebihan (berat).

Ada beberapa faktor yang ikut mempengaruhi terjadinya HNP, seperti merokok, batuk yang lama dan terus-menerus, tekanan pada tulang belakang, sering menyetir dalam waktu lama, berat badan berlebihan, pertambahan usia, gaya hidup bermalas-malasan, dll.

PENGOBATAN. HARUSKAH DIOPERASI?
Tidak semua penderita HNP harus dioperasi. Hanya penderita HNP yang sudah berkali-kali kumat dan sembuh kembali selama beberapa bulan atau tahun harus menjalani tindakan operatif. Bilamana seseorang menderita HNP untuk pertama kali, maka dianjurkan terapi konservatif. Tentunya derajat kesakitan, faktor sosio-ekonomi, dan beberapa faktor lain ikut menentukan terapi mana yang harus dijalani pasien.

Beberapa terapi konservatif adalah :

  • Istirahat mutlak di tempat tidur, dalam arti penderita tidak boleh bangun untuk mandi dan makan. Masa istirahat mutlak dapat ditentukan sesuai dengan tercapainya perbaikan
  • Obat penghilang nyeri harus diberikan
  • Selama nyeri belum hilang dilakukan fisioterapi untuk mencegah atrofi otot dan dekalsifikasi sebaiknya jangan dimulai
  • Dapat dilakukan traksi
  • Menurut pengamatan dan wawancara penulis dengan beberapa penderita HNP, olahraga berenang yang dilakukan secara teratur (2-3 kali seminggu antara setengah sampai satu jam) iikut membantu dalam penyembuhan HNP

Dapat pula digunakan obat penghilang nyeri seperti golongan obat antiinflamasi nonsteroid, analgetika, relaksan otot, opioid, antidepresan trisiklik, ataupun golongan obat anti kejang. Hanya saja obat-obat tersebut tidak memiliki efek yang permanen, sehingga ketika waktu kerjanya habis, penderita merasa kesakitan dan akibatnya, penderita bergantung pada obat sepenuhnya untuk menghilangkan nyeri yang dirasa.

Baca juga Metode Wim Hoff, hindarkan penyakit dalam diri anda.

APA SAJA KOMPLIKASINYA?
Ada beberapa komplikasi yang mungkin dari HNP, yakni :

  • Nyeri pada pinggang dan kaki yang berkepanjangan
  • Kelumpuhan pada kaki
  • Kehilangan fungsi berkemih dan buang air besar
  • Kerusakan saraf belakang yang permanen (sangat jarang)

ADAKAH CARA AGAR TIDAK TERJADI?
Tentunya satu-satunya cara adalah mengubah gaya hidup dengan menghindari faktor penyebabnya seperti yang telah disebutkan di atas. Beberapa cara yang dapat digunakan adalah mengontrol berat badan sehingga tekanan pada tulang belakang tidak berat dan sikap tubuh yang benar. Kadang dapat digunakan korset untuk membantu menopang tulang belakang dan mencegah terjadinya kerusakan saraf pada orang yang sering mengangkat barang berat.

BEBERAPA SOLUSI :

  • Gunakan olahraga renang untuk mengurangi resiko bertambah parahnya HNP. Apabila mungkin, berenang di air hangat akan lebih baik.
  • Gunakan korset untuk membantu kerja tulang belakang dan mencegah terjadinya jepitan pada saraf.
  • Mintalah bantuan pada orang lain untuk mengangkat beban yang berat terutama dari posisi jongkok ke berdiri.
  • Kurangi aktifitas naik turun tangga secara berkesinambungan.
  • http://majalahkesehatan.com/10-tips-mencegah-sakit-pinggang/
  • http://tintaungu.wordpress.com/2009/10/23/hernia-nucleus-pulposus-hnp/
Baca juga Jadwal Piket Jam Kerja Organ Tubuh Manusia

Jika leher anda sakit, pakai tips mengobati leher tengeng.

copypasted from https://www.facebook.com/topic.php?uid=154621369973&topic=15274 dengan sedikit penyesuaian

Jeido Power Back Black Alat Terapi Pinggang

Jeido Power Back Black Alat Terapi Pinggang

Promo Jeido Power Back Black Alat Terapi Pinggang, alat terapi yang dikhususkan untuk Anda yang memiliki masalah dengan sakit pinggang dan mengatur posisi tulang belakang agar kembali ke posisi yang benar. Dapat disesuaikan dengan lingkar pinggang Anda sehingga sangat nyaman dipakai dan apabila dipakai terus menerus akan sangat membantu mengurangi sakit pinggang Anda. Tersedia dalam 3 ukuran, ukuran M, L, dan XL. Gratis ongkos kirim seluruh Indonesia.
Rp 2,500,000Rp 1,853,00
Sunmas Alat Pijat Kaki

Sunmas Alat Pijat Kaki

Alat terapi Sunmas digunakan untuk Melancarkan peredaran darah ( Kaki dan Badan), Merangsang Saraf pada Kaki agar bekerja Optimal ( Saraf Kaki adalah Pusat Saraf pada Tubuh), Menghilangkan ketidak nyamanan di sekujur Otot Tubuh, Mengoptimalkan fungsi tubuh Meningkatkan sistem imunitas tubuh, dan mencegah berbagai macam penyakit. Dengan pemakaian rutin, sehari sekali ketika mau tidur, kaki anda terasa segar di pagi hari, dan otomatis ketika akan berangkat kerja badan juga menjadi fresh dan segar , karena kaki adalah pusat seluruh syaraf. Gratis ongkos kirim seluruh Indonesia.
Rp 150,000Rp 99,000

Nanda Widyatama

Seorang web developer. Gemar diajak kuliner. Suka fotografi. Sering ngedit sana ngedit sini. Suami yang siaga.